Sabtu, 15 November 2014

tugas softskill 4

Pemuda-Pemudi Indonesia


1. Gambaran Pemuda-Pemudi Indonesia Saat ini
Generasi Pemuda-pemudi Indoneia saat ini sedang mengalami krisis kebangsaan hal ini bisa dilihat dari semakin hilangnya budaya Indonesia dan masuknya budaya modern dari luar. Masuknya budaya modern dari luar membawa berbagai dampak bagi Indonesia. Berikut gambaran pamuda-pemudi Indonesia saat ini baik secara positif dan negative
- Secara positif
Secara postif masuknya budaya modern dapat membuat pertukaran informasi di Indonesia sehingga masyarakat Indonesia bisa lebih mengenal dunia dan tidak tertinggal informasi. Selain bertukar informasi masuknya budaya modern dapat menghilangkan kesan budaya agama yang terlalu kuat di Indonesia. Sehingga masyarakat tidak terlalu percaya dengan tahayul dan lebih berpikir rasional.
- Secara negatif
Secara negatif masuknya budaya modern dapat menyebabkan teradinya pergaulan bebas di Indonesia. Selain pergaulan bebas masuknya budaya modern dapat menyebabkan budaya Indonesia menjadi semakin ditinggalkan karena datangnya budaya baru yang dinilai lebih menarik olah masyarakat. Hal ini tentu saja bukan ha yang baik karena hal ini dapat menyebabkan hilangnya budaya masyarakat.

2. Pemerataan Pendidikan di Indonesia
Kondisi pendidikan di Indonesia saat ini bisa dibilang mengkhawatirkan karena pendidikan di Indonesia saat ini masih belum merata. Hal ini bisa kita lihat dari infrastruktur sekolah-sekolah yang berada di kota dengan sekolah-sekolah yang berada di desa. Sekolah-sekolah yang berada di kota mempunyai infrastruktur yang bagus yang dapat mendukung pembelajaran. Sedangkan sekolah-sekolah yang berada di desa hanya memiliki fasilitas seadanya yang bisa dibilang kurang memadai. Hal ini dapat ditanggulangi dengan menyediakan fasilitas dan sarana belajar bagi setiap lapisan masyarakat yang wajib mendapatkan pendidikan. Pelaksanaan pendidikan yang merata dapat menyediakan kesempatan yang seluas-luasnya bagi seluruh warga negara Indonesia untuk dapat memperoleh pendidikan tanpa dibedakan menurut  jenis kelamin, status sosial, agama, maupun letak lokasi geografis.

3. Saran Saya Sebagai Pemudi Indonesia Untuk Pembangunan Indonesia yang Lebih Baik
Saya sebagai Pemudi Indonesia menyarankan agar permasalahan pemerataan pendidikan di Indonesia dapat diselesaikan. Pendidikan adalah hal yang sangat penting terlebih bagi masyarakat yang kurang mampu agar dapat merubah kehidupannya menjadi lebih baik. Selain itu, saya sebagai pemudi Indonesia menyarankan masyarakat untuk lebih peduli pada budaya kita yang hampir punah dan tidak dikenali. Indonesia memiliki banyak budaya yang seharusnya dapat dilestarikan dan dijadikan daya tarik turis untuk datang ke Indonesia dan mempelajarinya bukan dilupakan dan membuat timbulnya permasalahan baru saat Negara lain mengakui budaya kita.


Sumber :

http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id/artikel_detail-45454-Esay-Kondisi%20Jati%20Diri%20Generasi%20Muda%20Bangsa%20Indonesia%20Saat%20Ini.html
http://edukasi.kompasiana.com/2014/04/18/pemerataan-pendidikan-di-indonesia-648911.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar