Senin, 09 Maret 2015


Ilmu Budaya Dasar

A.    Pengertian Ilmu Budaya Dasar
Ilmu budaya dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia, kebudayaan, dan masalah-masalah keseharian yang sering terjadi pada manusia.  Ilmu budaya dasar diharapkan dapat memberikan pengetahuan untuk menyelesaikan masalah manusia. Manusia tidak dapat dipisahkan dengan kebudayaan. Karna kebudayaan tecipta oleh manusia dan kebudayaan mengikat manusia untuk terus melakukan hal yang mereka lakukan. Dengan mempelajari ilmu budaya dasar, manusia tidak akan melupakan kebudayaannya. Oleh karena itu mempelajari ilmu budaya dasar sama dengan mempelajari kebudayaan. Banyak definisi kebudayaan yang telah diungkapkan oleh beberapa tokoh.
Menurut saya pribadi ilmu budaya dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan manusia, kebiasaan yang sering mereka lakukan, dan permasalahan-permasalahan dalam hidup mereka. Dengan mempelajari ilmu budaya dasar, manusia tidak akan melupakan jati dirinya. Karna kebudayaan yang telah mereka buat akan terus mengikat mereka. Mempelajari ilmu budaya dasar juga diharapkan dapat membantu manusia menyelesaikan permasalahan mereka dengan mengingat dasar dan nilai-nilai kebudayaan mereka.

B.     Pengertian kebudayaan menurut para ahli
-          Ki Hajar Dewantara
Kebudayaan menurut Ki Hajar Dewantara berarti buah budi manusia adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni alam dan zaman (kodrat dalam masyarakat) yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran dalam hidup dan penghidupan guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.
-          Sutan Takdir Alisyahbana
Sutan Takdir Alisyahbana mengatakan bahwa kebudayaan adalah manifestasi dari cara berpikir, sehingga menurutnya pola kebudyaan itu sangat luas sebab semua laku dan perbuatan tercakup di dalamnya dan dapat diungkapkan pada basis dan cara berpikir, termasuk didlamnya perasaan karena perasaan juga merupakan maksud dari pikiran.
-          Koentjaraningrat
Koentjaraningrat mengatakan bahwa kebudayaan berarti keseluruhan gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakan dengan belajar serta keseluruhan dari budi pekertinya.
-          A.L. Kroeber dan C. Kluckhohn
A.L. Kroeber dan C. Kluckhohn dalam bukunya Culture, a Critical Review of Concepts and Definitions (1925) mengatakan bahwa kebudayaan adalah manifestasi atau penjelmaan kerja jiwa manusia dalam arti seluas-luasnya.
-          Malinowski
Malinowski menyebutkan bahwa kebudayaan pada prisipnya berdasarkan atas berbagai sistem kebutuhan manusia. Tiap tingkat kebutuhan itu menghadirkan corak budaya yang khas. Misalnya, guna memenuhi kebutuhan manusia akan keselamatannya, maka timbul kebudayaan yang berupa perlindungan, yakni seperangkat budaya dalam bentuk tertentu, seperti lembaga kemasyarakatan.
-          C.A. van Peursen
C.A. van Peursen mengatakan bahwa dewasa ini kebudayaan diartikan sebagai manifestasi kehidupan setiap orang. Berlainan dengan hewan, manusia tidak dapat hidup begitu saja di tengah alam. Oleh karena itu, untuk dapat hidup, manusia harus mengubah segala sesuatu yang telah disediakan oleh alam. Misalnya, beras agar dapat dimakan diubah dulu menjadi nasi.



Daftar Pustaka

Widyosiswoyo, Supartono. 2001. Ilmu Budaya Dasar. Bogor: Ghalia Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar