Kamis, 02 Oktober 2014

Tugas Softskill 1

ILMU SOSIAL DASAR

Pengertian Ilmu Sosial Dasar
Ilmu sosial dasar memiliki banyak pengertian. Saya sebagai penulis berpendapat bahwa, ilmu sosial dasar adalah ilmu yang didasari berdasarkan suatu nilai berkependudukan yang bertempat di suatu Negara. Mereka mempunyai nilai yang berbeda di setiap Negara. Contohnnya, di luar negri orang yang meminum minuman keras dianggap sebagai hal yang biasa karena hukum disana yang bebas dan cuaca yang cenderung lebih dingin sehingga banyak orang meminum minuman keras untuk menghangatkan tubuh. Tetapi di Indonesia, hal itu dianggap kurang baik karena Indonesia yang mempunyai penduduk dengan mayoritas mayarakat muslim beranggapan minuman keras tidak baik dan haram untuk tubuh, dan cuaca panas di Indonesia membuat orang berfikir untuk apa meminum minuman keras. Berikut, ilmu sosial dasar menurut para ahli:

Ilmu Sosial Dasar Menurut Para Ahli
·         Lewis
Ilmu social dasar adalah sesuatu yang dicapai, dihasilkan dan ditetapkan dalam interaksi sehari-hari antara warga Negara dan pemerintahannya.
·         Keith Jacobs
Ilmu sosial dasar adalah sesuatu yang dibangun dan terjadi dalam sebuah situs komunikasi.
·         Ruth Aylett
Ilmu sosial dasar adalah sesuatu yang dipahami sebagai sebuah perbedaan namun tetap inheren dan terintegrasi.
·         Paul Ernest
Ilmu sosial dasar adalah lebih dari sekedar jumlah manusia secara individu karena mereka terlibat dalam berbagai kegiatan bersama.
·         Philip Whexler
Ilmu sosial dasar adalah sifat dasar dari setiap individu manusia.

Perbedaan dan Persamaan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu sosial dasar dan ilmu pengetahuan sosial memiliki pengertian yang berbeda sehingga mereka mempunyai beberapa persamaan dan perbedaan.  Berikut persamaan dan perbedaan ilmu sosial dasar dan ilmu pengetahuan social:

Persamaan
·         Keduanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program penndidikan/pengajaran.
·         Keduanya merupakan ilmu yang berdiri sendiri dan tidak bisa dihapus.
·         Keduanya memilii materi yang terdiri dari fakta sosial dan masalah sosial.
Perbedaan
·         ISD lebih tertuju pada pembentukan sikap dan kepribadian, sedangkan IPS diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
·         ISD mempunyai nilai yang berbeda tergantung pada setiap tempat sedangkan IPS mempunyai nilai yang sama pada setiap tempat.
·         ISD merupakan satu mata kuliah yang tunggal, sedangkan IPS kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan)


Sumber :
http://blog-pinta.blogspot.com/2012/11/tugas-1pengertian-ilmu-sosial-dasar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar