Kamis, 09 Oktober 2014

Tugas Softskill 2

Pertumbuhan Penduduk di Dunia

A.   Pertumbuhan penduduk di Dunia

Pertumbuan penduduk adalah perubahan populasi dari waktu ke waktu, dan dapat dihitung sebagai perubahan dalam jumlah individu dalam sebuah populasi. Ketika pertumbuhan penduduk dalam suatu wilayah melewati kapasitas muat, hasilnya berakhir dengan kelebihan penduduk. Kelebihan penduduk ini mengakibatkan gangguan seperti, polusi, dan kemacetan lalu lintas. Pertumbuhan penduduk yang terjadi belakangan ini sangat mengkhawatirkan, diperkirakan, setiap tahun populasi dunia bertambah sekitar 80 juta. Jika populasi ini akan terus bertambah, mannusia mungkin tidak bias bertahan hidup. Mengapa demikian? Karena setiap pertambahan  juta penduduk berarti kita harus mempunyai 1 juta lowongan pekerjaan agar tidak ada pengangguran. Selain itu, kita juga membutuhkan 1 juta lahan untuk tempat tinggal. Bayangkan jika pertumbuhan penduduk terus terjadi. Mungkin manusia tidak bias bertahan karena tidak mempunyai tempat tinggal, dan lowongan pekerjaan untuk bertahan hidup

B.   Pertumbuhan penduduk di Asia yang mengkhawatirkan

Saat ini, perekonomian global mengalami pergeseran. Eropa, dan Amerika tidak lagi menjadi pusat perkonomian, melainkan Asia. China diprediksi menjadi Negara terkuat dalam perekonomian diikuti Amerika, India, Jepang, dan Jerman pada 2040. Kondisi ini menyebabkan meningkatnya standar hidup di Asia. Sebagai benua terbesar di dunia, 60 persen dari total penduduk di dunia menempati wilayah Asia. Hal ini menyebabkan lowongan pekerjaan menjadi hal sulit di Asia. Selain lowongan pekerjaan, pangan menjadi salah satu masalah di Asia. Lebih dari 60 juta anak pergi ke sekolah dalam kondisi lapar setiap hari, sebagian besar dari mereka ada di Asia. Sebanyak 25% anak-anak mengalami kerdil, dan 80% dari mereka hidup di 20 negara berkembang yang di antaranya ada di Asia.
Pertambahan penduduk di Asia menyebabkan lahan untuk bercocok tanam menjadi berkurang karena dignakan menjadi tempat tinggal. Sehingga menuntut terjadinya pembangunan di daerah-daerah pelosok. Selain berkurangnya lahan untuk bercocok tanam. Pertumbuhan penduduk menyebabkan bertambahnya polusi, dan limbah rumah tangga. Hal ini adalah hal yang sangat mengkhawatirkan, karena bertambahnya polusi dan limbah rumah tangga dapat menyebabkan munculnya wabah penyakit baru, dan menurunnya angka kesehatan di Asia.

C.   Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk

1.      Faktor Demografi
·         Kelahiran
o   Berapa banyak kelahiran yang terjadi di suatu wilayah
o   Berapa besar kemungkinan perempuan akan melahirkan anak dinilai dari umur produktif mereka
·         Kematian
o   Berapa banyak kasus kematian yang terjadi di suatu wilayah
o   Sudah mencukupikah fasilitas kesehatan masyarakat di suatu wilayah
·         Migrasi
o   Kondisi tempat asal yang kurang memadai
o   Adanya harapan yang lebih baik untuk tinggal di tempat yang baru

2.      Faktor etnis (Kebudayaan)
·         Kepercayaan bahwa semakin banyak anak akan membawa semakin banyak rejeki
·         Kepercayaan pada agama tertentu yang tidak menyetujui program KB


Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Pertumbuhan_penduduk


http://ohtugas.blogspot.com/2011/11/faktor-faktor-demografi-yang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar