Senin, 11 Mei 2015

Manusia dan Penderitaan


Manusia & Penderitaan

Penderitaan berasal dari kata derita, derita berasal dari bahasa sanskerta yang berarti menahan atau menanggung. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, derita artinya menanggung (merasakan) sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan merupakan resiko dalam kehidupan yang telah digariskan oleh Yang Mahakuasa, oleh karena itu, selama manusia hidup manusia tidak akan terlepas dari penderitaan. Manusia terdiri dari 2 aspek, jasmani (tubuh) dan rohani (jiwa). Bila manusia dinyatakan hidup kedua aspek ini harus saling melengkapi dan tidak boleh terpisah.

Manusia tidak dapat dipisahkan oleh penderitaan karena penderitaan telah digariskan oleh Yang Mahakuasa dan dijadikan sebagai ujian bagi manusia dalam menjalani kehidupan. Karena itu, selama manusia hidup mereka akan merasakan penderitaan dalam hidupnya. Kedua aspek dalam manusia yang hidup saling terikat satu sama lain. Karena itu, bila manusia mengalami penderitaan kedua aspek dalam manusia akan mengalami penderitaan juga. Penderitaan yang dialami kedua aspek dalam manusia mungkin tidak sama besarnya. Terkadang rohani merasakan penderitaan yang lebih besar dan terkadang jasmani merasakan penderitaan yang lebih besar.

Contohnya, bila seseorang anak remaja kecelakaan saat mengendarai motor dan menderita patah tangan dan dirawat di rumah sakit untuk beberapa hari dan membuat orang tuanya menangis sedih melihatnya. Ia akan menderita secara jasmani dan rohani. Secara jasmani ia menderita karena tangannya patah, secara rohani ia menderita karena telah membuat orang tuanya sedih. Tapi ia lebih menderita secara jasmani karena tubuhnya terluka dan dia tidak dapat menggunakan tangannya selama beberapa saat.

Lalu bila seseorang mengalami putus cinta dan tidak makan selama beberapa hari karena terlalu terlarut dalam kesedihannya sehingga ia pingsan dan dirawat di rumah sakit. Ia mengalami penderitaan secara jasmani dan rohani. Secara jasmani ia menderita karena tubuhnya terlalu lemas karena tidak ada makanan yang masuk ke dalam tubuhnya membuat dia sakit dan dirawat di rumah sakit. Secara rohani ia menderita karena putus cintadengan orang yang sangat ia sayang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar