Senin, 04 Mei 2015

Manusia dan Keindahan


Manusia dan Keindahan

Manusia dan kebudayaan tidak dapat terpisahkan karena manusia lah yang membuat kebudayaan. Kebudayaan sendiri mempunyai unsur keindahan yang tidak dapat dilepaskan. karna di dalam kebudayaan terdapat keindahan budaya tersebut. Keindahan dalam kebudayaan disini terwujud dalam kesenian. Manusia membuat kesenian untuk memuaskan kebutuhan psikisnya. Karena manusia cenderung ingin memenuhi kebutuhan psikisnya setelah memenuhi kebutuhan fisiknya. Contohnya : Saat Ayah pulang kerja untuk memenuhi kebutuhan fisik agar mendapat uang untuk kehidupan. Ia ingin beristirahat untuk memenuhi kebutuhan psikisnya dengan melihat atau mendengar sesuatu yang indah.

Kesenian dapat dinikmati oleh manusia dengan 2 indera yaitu, mata dan telinga atau keduanya secara bersamaan. Kesenian yang dapat dinikmati dengan 2 indera ini adalah, seni rupa, seni suara, dan seni pertunjukan.
-         Seni rupa merupakan kesenian yang dinikmati dengan indera mata seperti melihat lukisan yang indah.
-         Seni suara merupakan kesenian yang dinikmati dengan indera telinga seperti mendengar alunan music yang indah.
-         Seni pertunjukan merupakan kesenian yang dinikmati dengan kedua indera mata dan telinga secara bersamaan seperti menonton drama musikal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar