Senin, 22 Juni 2015

Harapan dan Tanggung Jawab


Harapan & Tanggung Jawab


Harapan berasal dari kata harap yang berarti keinginan supaya sesuatu dapat terjadi. Harapan mempunyai arti yang mirip dengan cita-cita. Mereka sama-sama menyangkut masa depan karena belum terwujud dan keinginnan akan hal yang lebih baik. Perbedaan mereka adalah harapan bersifat tidak terlalu muluk sedangkan cita-cita biasanya kita buat setinggi langit. Contoh harapan,

Sebagai seorang mahasiswa Universitas Gunadarma Fakultas Teknik Sipil saya mempunyai cita-cita untuk menjadi pns di Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Untuk dapat menggapai cita-cita tersebut, saya harus lulus dengan nilai yang tinggi. Karena itu, saya berharap saya dapat lulus di semua mata kuliah di perkuliahan saya.

Tanggung Jawab menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatu bertanggung jawab menurut kamus tersebut adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala akibatnya. Tanggung jawab dan kewajiban dapat terlihat mirip walaupun berbeda. Saat kita kecil, kita belajar tentang rukun islam. Disana kita belajar bahwa seorang muslim wajib mengucapkan 2 kalimat syahadat, ibadah shalat 5 waktu sehari, berpuasa di bulan suci ramadhan, membayar zakat, dan pergi ibadah haji jika mampu. Dalam prosesnya beberapa orang berkata mereka melakukannya bukan karena itu adalah kewajiban mereka tapi itu adalah tanggung jawab mereka. Lalu apa itu kewajiban dan apa itu tanggung jawab jika hal itu adalah sama? Kewajiban adalah hal yang harus kita lakukan dalam suatu ikatan sama jika seorang anak berpikir bahwa saat besar nanti dia berkewajiban untuk membahagiakan orang tuanya. Mereka mempunyai pemikiran seperti itu karena ikatan yang mereka miliki dengan orang tuanya. Seorang muslim berkewajiban untuk melakukan hal-hal dalam rukun Islam saat dia memeluk Agama Islam dan menyatakan dirinya beriman. Sedangkan Tanggung Jawab adalah bentuk tindakan dari kewajiban yang kita miliki. Sebagai seorang muslim saya berkewajiban melakukan hal-hal dalam Rukun Islam sehingga tanggung jawab saya sebagai seorang muslim adalah melakukan kewajiban saya seperti mengucapkan 2 kalimat syahadat, mendirikan shalat 5 waktu sehari, berpuasa di bulan ramadhan, membayar zakat, dan pergi ibadah haji jika mampu. Contoh tanggung jawab,

Sebagai mahasiswa Universitas Gunadarma Fakultas Teknik sipil, saya berkewajiban untuk belajar agar mendapat nilai yang bagus saat ujian. Sehingga saya bertanggung jawab untuk belajar keras saat ujian sebagai bentuk dari kewajiban yang saysa miliki terhadap diri saya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar