Senin, 29 Juni 2015

Pembelajaran Ilmu Budaya Dasar


Ilmu Budaya Dasar


Ilmu budaya dasar adalah ilmu yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan umum tentang konsep-konsep yang dapat digunakan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dalam 1 semester saya mempelajari banyak hal dalam mata kuliah Ilmu Budaya Dasar, saya mempelajari tentang manusia dan kebudayaan, manusia dan pemujaan, manusia dan keindahan, manusia dan penderitaan, manusia dan keadilan, manusia dan pandangan hidup, dan harapan dan tanggung jawab.

Manusia dan kebudayaan memberikan saya pemahaman bahwa manusia dan kebudayaan tidak dapat terpisahkan. Manusia dan kebudayaan mempunyai ikatan yang sangat kuat. Manusia membutuhkan kebudayaan dan begitu pula kebudayaan membutuhkan manusia. Dalam kehidupan manusia merupakan objek yang menciptakan kebudayaan. Manusia menciptakan kebudayaan dan kebudayaan akan mengikat manusia untuk selalu berdasar kepadanya.

Manusia dan pemujaan memberikan saya pemahaman tentang manusia dan pemujaan yang ia lakukan terhadap keyakinan yang ia percayai. Dalam kehidupan setiap manusia memiliki keyakinan yang ia percayai terhadap Tuhan sebagai Sang Pencipta. Pemujaan yang dilakukan manusia berbeda-beda bergantung pada keyakinan yang ia percayai. Pemujaan sendiri merupakan bentuk komunikasi ritual yang selalu dilakukan manusia saat dalam keadaaan sulit dan ingin meminta pertolongan, juga dalam keadaan senang dan bersyukur atas rahmat yang telah diberikan.

Manusia dan keindahan, memberikan saya pemahaman tentang nilai kebudayaan yang dibuat manusia. Dalam kebudayaan yang manusia buat biasanya terkandung nilai keindahan. Keindahan dalam kebudayaan yang dimaksud adalah kesenian. Manusia membuat kesenian untuk memuaskan kebutuhan psikisnya. Karena manusia cenderung menginginkan kepuasan psikis setelah memuaskan kebutuhan fisik.

Manusia dan penderitaan memberikan saya pemahaman bahwa penderitaan dalam hidup manusia telah digariskan oleh Yang Maha Kuasa dan dijadikan sebagai ujian bagi manusia dalam menjalani kehidupannya. Karena itu, tidak ada manusia yang tidak merasakan penderitaan dalam hidupnya. Manusia terdiri dari 2 aspek, jasmani (tubuh), dan juga rohani (jiwa). Bila manusia merasakan penderitaan, kedua aspek dalam hidup manusia juga merasakan penderitaan. Penderitaan yang dialami kedua aspek dalam hidup manusia tidak akan sama besarnya. Terkadang rohani merasakan penderitaan yang lebih besar atau bisa juga jasmani merasakan penderitaan yang lebih besar.

Manusia dan keadilan memberikan saya pemahaman bahwa dalam kehidupan manusia membutuhkan keadilan. Dalam pembelajaran materi ini saya mempelajari teori keadilan yang diungkapkan oleh Aristoteles. Bunyi teori yang diungkapkan beliau adalah “perlakuan kepada seseorang harus sesuai dengan jasa-jasa yang telah dilakukan”. Maksud dari bunyi ini adalah segala sesuatu yang diterima oleh seseorang harus sesuai dengan jasa yang telah ia kerjakan. Teori ini memberikan saya pemahaman bahwa apapun yang saya inginkan saya harus berusaha untuk mendapatkannya sebesar betapa berartinya hal tersebut.

Manusia dan pandangan hidup memberikan saya pemahaman bahwa setiap manusia pasti memiliki pandangan hidup. Pandangan hidup yang mereka miliki bergantung pada lingkungan mereka. Pandangan hidup merupakan hal yang penting dalam hidup manusia karena pandangan hidup merupakan dasar dalam kehidupan manusia. Pandangan hidup memiliki beberapa jenis yaitu, agama, budaya, ideology, dll. Hal ini membuat seseorang bisa melihat hal yang sama tetapi mempunyai penilaian yang berbeda karena mereka mempunyai pandangan hidup yang berbeda.

Harapan dan Tanggung Jawab memberikan saya pemahaman tentang harapan dan tanggung jawab. Saya menjadi lebih mengerti arti harapan dan perbedaan harapan dan cita-cita. Saya pun mempelajari arti tanggung jawab dan perbedaan tanggung jawab dengan kewajiban. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar